pulau st.matthew

Halo teman-teman kali ini saya akan mengetik resume cerita dari komik yang diangkat dari kisah nyata tentang sebuah pulau yang bernama st.matthew…..

Pulau st.matthew adalah sebuah pulau tak berpenghuni yang berjarak 300km dari pemukiman para penduduk di daerah negara bagian yang terletak di amerika utara yaitu alaska….

Pada tahun 1944 tentara amerika membuat sebuah sistem navigasi radio jarak jauh atau dalam bahasa inggris long-range radio navigation system(LORAN), dan ada 19 orang awak yang melakukan misi pembuatan sistem (sejenis menara pemancar) tersebut….. para tentara amerika juga membawa 29 rusa yang nantinya akan di jadikan makanan cadangan untuk mereka selama menetap untuk melakukan pembangunan di pulau itu….

Dalam beberapa bulan akhirnya misi mereka pun selesai dan setelah itu para tentara amerika pun kembali ke tempat asal mereka dengan meninggalkan semua rusa di pulau tersebut, di pulau itu para rusa mendpatkan banyak sekali makanan favorit mereka yaitu lichen (sejenis tanaman rumput atau lumut-lumutan intinya :v), karena makanan yang berlimpah dan tidak adanya predator alami para rusa berkembang biak dengan subur…

Pada musim panas tahun 1957 beberapa orang datang untuk melakukan penelitian……. dalam 13 tahun para rusa sudah berkembang biak dari 29 rusa menjadi 1350 rusa, mereka berkembang biak dengan sehat dan gemuk karena memakan makanan yang cukup bergizi….

Pada musim panas tahun 1963 penelitian kembali di lakukan di pulau st.matthew setelah 6 tahun populasi rusa melunjak dari 1350 rusa menjadi 6000 rusa, karena banyaknya kawanan rusa dan nafsu makan mereka yang besar seluruh lumut di pulau habis….. tubuh para rusa pun mengecil karena meningkatnya populasi rusa yang sangat banyak dan mulai terbatasnya makanan mereka….

Pada musim panas tahun 1966 penelitian kembali di laksanakan di pulau st.matthew, mereaka menemukan banyaknya tulang rusa dan populasi para rusa menurun dengan sangat drastis dari 6000 rusa tersisa 42 ekor rusa…..

Dan dalam beberapa tahun tepatnya tahun 1980 populasi rusa pun habis tidak tersisa seekor pun……

untuk yang tertarik baca bisa mengujungi link berikut: http://www.stuartmcmillen.com/comics_en/st-matthew-island/

kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terimakasih……

 

Advertisements

Adab terhadap orang tua dan saudara

Saya mendapat tugas dari guru saya tentang adab terhadab orangtua dan saudara yang saya ketahui…..

Adab terhadap orang tua:

     Yang pertama berbicara dengan lembut kepada kedua orangtua jangan berteriak kepada mereka, jika mereka sedang berbicara tidak memotong pembicaraan mereka atau mendahului mereka berbicara, tidak duduk di kursi ketika mereka duduk di tempat yang lebih renda atau bahkan ketika mereka sedang berdiri,  tidak boleh mencaci kedua orangtua, lalu harus berbakti terhadap mereka, jika mereka memberikan perintah maka segera laksanakan dan tidak boleh mengeluh atau bahkan mengucapkan “ah” lakukan saja perintahnya selama mereka tidak menyuruh kita untuk mendustakan Allah                         Lalu jika orang tua meninggal kita wajib mengurus jenazahnya khusunya laki” yang akan ikut menguburkan orangtua dan mengazankanya, lalu jika mereka memberi keputusan kepada kita walau kita tidak menginginkanya maka hargai dan jika ingin menolak jangan dengan nada tinggi apalgi marah marah, lalu memberikan harta sebesar yang mereka inginkan, tidak boleh melakukan kekerasan seperti memukul kepada orangtua

Adab terhadap saudara:

Yang saya ketahui adab terhadap saudara tidak terlalu banyak daintaranya…… jika ada saudara kita yang meminta tolong maka bantulah, lalu tidak mengambil hak mereka, adil kepada saudara kita, tidak mengejek kekurangan mereka, lalu jika saudara kandung yang lebih tua hormatilah mereka dan saudara kandung yang lebih kecil maka sayangi dan jaga mereka, lalu bersilatuhrahmi ke rumah saudara kita

itu saja info yang saya ketahui jika ada kesalahan mohon maaf…..sekian dan terima kasih

 

Pilkada DKI Jakarta 2017 di TPS NO.69, lubang buaya jakarta timur

Pada rabu tanggal 15 februari, saya melihat pemilihan umum gubernur DKI Jakarta di TPS  no.69 di deket rumah saya (walau saya belom bisa milih :v)……dan saya sempat memfoto beberapa momen ketika pilkada kemarin walau saya tidak mendapat foto hasil dari pilkada kemarin :v tapi kata tentangga yang menang pasangan urut nomor 2, berikut beberapa fotonya…..

img_20170215_070911

img_20170215_073046

Foto pembukaan dari panitia TPS 69

 

img_20170215_135745

img_20170215_135721

Foto saat penghitungan suara

 

dsc_1292

dsc_1289

Foto suasana pilkada

 

dsc_1339

Hasil quick count yang say foto dari TV one (lagi banyak semutnya antena lagi ga varokah :v)

sekian dan terimakasih…..

Wawancara petugas taman burung taman mini indonesia

Pada hari rabu kemarin saya pergi ke taman burung di taman mini indonesia indah di sana saya mendapatkan tugas untuk mewawancarai petugas di taman burung, di taman mini, lalu saya bertemu dengan 2 orang petugas di taman burung sebelumnya saya harus membeli tiket masuk dulu namun karena di taman  burung ada beberapa orang yang saya kenal akhirnya saya pun boleh masuk gratis tanpa bayar :v, salah satu dari 2 orang petugas yang saya wawancarai adalah orang yang saya kenal yaitu pak lilik

Untuk tugas kali ini kami di bagi menjadi dua pasangan saya bersama teman saya yaitu muhammad satrio, dari dua orang tersebut akan mendapat tugas masing masing satu orang mewawancarai petugas dan yang satunya pengunjung taman burung dan saya mendapat tugas mewawancarai petugas taman burung dan satrio teman saya mewawancarai pengunjung.

Saya pertama kali mewawancarai pak lilik lebih dahulu…. Beliau bernama lilik beliau bekerja sebagai kepala seksi koleksi dan penangkaran di taman burung, beliau sudah berkerja di taman burung selama setahun, setelah perkenalan saya mulai menanyakan informasi tentang taman burung di taman mini dan juga tentang apa yang di lakukan beliau selama bekerja di taman burung.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari pak lilik sebagai kepala pengurusan  burung di taman burung di taman burung ini banyak burung langka diantaranya beberapa elang dan burung burung dari indonesia, menurut info dari beliau burung burung di sini akan di lepaskan kembali ke alamnya dan beberapa minggu yang lalu telah di lepaskan burung kakatua jambul di daerah papua(jauh juga yak :v).

lalu beliau mengatakan burung burung di sini di berikan makan 2 kali dalam sehari di pagi hari dan ada beberapa burung yang juga di beri makan pada sore hari selain itu burung burung di sini di dapatkan dari pengadaan dan juga ada beberapa yang di berikan oleh beberapa orang untuk menjadi burung koleksi, perawatan untuk para burung berbeda beda sesuai dengan luas kandangnya, makananya dan juga ada beberapa burung yang suka bermain debu

Petugas kedua yang saya wawancarai adalah bapak ilham, beliau bekerja di pihak marketing dan juga informasi, alamat beliau di mt haryono sektor lantas polri, beliau bekerja di taman burung sudah cukup lama……sejak dari tahun 1993, sama seperti wawancara saya yang pertama setelah perkenalan saya langsung menuju pertannyaan intinya berikut informasinya…….

Menurut informasi dari pak ilham selaku pihak marketing dan informasi, jumlah pengunjug di taman burung ini jika di hari biasa mencapai kurang lebih dari 100 orang pengunjung perhari dan dalam seminggu atau weekend di taman burung ini pengunjungnya bisa mencapai 1200 orang(banyak juga yak :o), dan bisa naik sampai 2000 pengunjung dalam satu minggu…..banyak banget yak gimana kalo sebulan atau setahun pasti lebih banyak.

Lalu selain informasi tentang banyak pengunjung, taman burung ini didirikan pada tahun 1953, saya juga baru tau jika taman burung yang sekarang adalah tempat yang baru, menurut info dari beliau taman burung yang baru atau yang sekrang ini di buat pada tahun 1987, taman burung baru di buat karena meningkatnya popolasi burung yang ada di penangkaran.

img-20170209-wa0004

foto saya bersama bapak ilham

img-20170209-wa0005

foto dengan pak lilik

sekian dari saya…. wasallamualaikum wr.wb

cerpen tapi agak panjang :v : otong dan jojilong

Pada suatu hari ada seorang anak yang hidup di negara jerman, anak itu bernaman otong, dia memiliki seorang teman bernama jojilong, mereka bercita-cita menjadi tentara, setiap hari mereka bermain tembak-tembakan dengan pistol kayu yang mereka buat sendiri di sebuah lapangan yang sudah usang, lapangan tersebut dulunya di gunakan sebagai tempat bermain bola, namun sekarang sudah tidak digunakan.                  Tahun demi tahun berlalu mereka pun makin dewasa dan mereka pun sudah berumur 16 tahun mereka berencana untuk mengikuti pendaftaran militer, oleh karena itu mereka pun memaksakan diri untuk tidur cepat. keesokan harinya mereka langsung bangun pagi dan langsung mandi lalu bersiap siap setelah selesai mereka langsung berangkat dengan berjalan kaki, setelah berjalan selama 2 jam akhirnya mereka sampai di tempat tujua namun…. mereka terlambat dan gagal mengikuti pendaftaran itu akhirnya mereka memutuskan untuk makan di sebuah restoran cepat saji……

otong: bro kok tempatnya bagus banget nih…

jojilong: ini namanya restoran cepat saji tong

otong: oh jadi ini temapatnya

jojilong: iye, tong mau pesen apaan?

otong: nasi, tempe sama sambel dan jangan lupa kerupuk….

jojilong: ini bukan kaya di rumah tong

otong: oh gitu toh, yaudah pesen yang sama  kaya kamu aja

jojilong: ok ok

otong: sayang kite gagal ikut pendaftaran yak bro

jojilong: iya, mungkin tahun depan kita bisa daftar lagi, yg penting sekarang makan….

akhirnya mereka memesan makanan setelah makanannya langsung datang mereka langsung makan dengan kalap, setelah mereka kenyang mereka langsung pula dan lupa bayar dan parahnya kasir restoran itu tidak ingat dan membiarkan mereka pergi, mungkin mereka berdua serasa makan di sebuah warteg deket rumah dan biasa ngutang jadi tidak ingat kalo mereka harus bayar, mereka berjalan pulang dengan santai, walau mereka sedikit kecewa karena gagal ikut pendaftaran, namun…. ketika mereaka berjalan pulang ada seorang laki” yang mengikuti merek berdua, mereka sadar sedang di ikuti dan langsung bersembunyi dan menangkap orang itu…

otong: hei kenapa kamu mengikuti kami?

orang asing: ……

otong: hei kenapa diam saja?

orang asing: ……

otong: hei cepet jawab!

jojilong: gimana mau jawab mulutnya kamu bekep pake tangan tong tong…..

otong: oh iya lupa…, sekarang cepat bicara

orang asing: maafkan saya tadi mengikuti kalian, saya adalah edward saipul saya bekerja di bawah pemerintahan rezim militer yang di pimpin oleh adolof ngiler, kalian adalah tipikal orang yang kami cari sebagai pasukan tambahan…

otong: kami?

saipul: ya

jojilong: kalo begitu kami akan menjadi tentara?

saipul: ya, jika kalian mau

otong: tentu kami mau pak

saipul: kalo begitu besok ikut dengan ku ke stasiun dan siapkan baju sebanyak mungkin dan perbekalan

otong&jojilong: siap pak

saipul: baiklah saya pamit dulu, ingat besok jangan terlambat seperti tadi yak

otong: baik pak

akhirnya mereka pulang dan langsung menyiapkan perlengkapan mereka, keesokan harinya mereka pamit kepada orang tua masing-masing dan langsung berjalan ke stasiun, akhirnya mereka sampai dan bertemu saipul lalu mereka berdua dan saipul naik ke kereta dan di kereta mereka duduk sambil berbincang-bincang…….

jojilong: pak kenapa kami di pilih?, bukanya kemarin sudah penuh pendaftaranya…

saipul: sebenarnya begitu tapi karena ada dua orang pendaftar yang memliki kasus skandal dengan mencuri uang, meminum narkoba merekapun terpakasa di keluarin dari pasukan

otong: oh jadi seperti itu pak, lalu habis itu apa mereka di hukum?, apa mereka di laporkan ke polisi?, di suruh mengikuti rehabilitasi narkoba atau di hukum penjara atau…..

sebelum otong selesai berbicara jojilong langsung menutup otong karena bawel dan jojilong langsung memnita maaf ke saipul

jojilong: maaf pak teman saya sedikit nyinyir makanya dia banyak bertanya yak anggap saja wartawan gak laku

otong: heh apa kau bilang?

saipul: haahhah sebenarnya mereka hanya di keluarkan saja saya belum tahu apa mereka akan di hukum atau tidak

otong: oh jadi gitu toh

jojilong: puas tong?

otong: puas banget jo…

otong: jo keretanya berhenti

jojilong: ya udah sampe kali tong -_-

otong: jo liat dalam ruangan itu ada orang yang lagi bicara sama benda mirip pisang tapi ada talinya

jojilong: itu telepon tong….

mereka pun sampai di stasiun tujuan dan langsung keluar dari stasiun dan naik transportasi umu menuju halte dekat tempat pelatihan…

otong: jo liat di atas ada benda yang….(belum selesai ngomong)

jojilong: itu pesawat tong

otong: orang belom selesai ngomong juga

saipul: loh otong tidak tau pesawat?

jojilong: tidak pak benda modern diatauhanya radio, lampu, colokan listrik, tv dan alat pertania seperti traktor

saipul: lah kok bisa seperti itu, mohon maaf saja apa kalia tidak sekolah?

jojilong: bisa di bilang kehidupan di desa kami sangat miris jadi di sana tidak ada sekolah karena tidak ada guru, dan di sana juga tidak ada kendaraan

saipul: tapi bisa ada trakor?

jojilong: itu karena kepala desa meminta bantuan kepada pemerintah alat bertani jadi di berikanlan traktor

saipul: jadi begitu, lalu anak-anak di sana bagaimana?

jojilong: kalo yang laki-laki dari usia 7 tahun ke atas sudah bekerja kepada buruh atau keluar kota sebagai kurir pengiriman barang, saya salah satu dari kurir yang dulu ikut bekerja makanya saya sedikit tahu kehidpuan di kota, kalo otong ga mau dia orang pemalas jadi dia tidak pernah keluar kota untuk membantu saya dan teman-teman yang lain

saipul: kalo di sana lahiran bagaimana kan ga ada rumah sakit?

otong: pakai dukun…

jojilong: asal jeplak aja kamu tong, kalo lahiran ada ibu-ibu yang bantuin dan sedikit mengetahui tentang proses persalinan

otong: nah itu maksudnya

jojilong: beda oy

saipul: jadi begitu, mulai sekarang kalian berusaha jadi tentara yang sukses agar bisa bisa menghidupi keluarga kalia

otong&jojilong: BAIK PAK!! (dengan sangat bersemangat)

akhirnya mereka sampai dan langsung mengikuti pelatihan, dalam 14 bulan mereka berdua berhasil menjadi jendral karena menyelamatkan pemimpin mereka yaitu adolof ngiler dari pasukan pemberontak yang mengincar nyawanya, akhirnya cita-cita mereka tercapai sebagai seorang tentara yang sukses dan kembali ke desa mereka, desa mereka sudah maju banyak kendaraan, alat elektronik dan lain lain, mereka sangat senang karena desa mereka sudah cukup memadai untuk dihuni, namun sangat di sayangkan dua bersahabat tadi tewas karena mereka berusaha menyelamatkan kakek-kakek gendut yang dikira mereka akan tertabrak truk namun…., karena pikiran mereka sedang kacau jadi mereka menganggap traktor yang melaju perlahan adalah sebuah truk, setelah mereka berdua memdorong kakek-kakek gendut tadi traktor itu langsung berhenti namun mereka tewas karena terkejut dan jantungan dikira akan di tabrak truk yang ternyata adalah sebuah traktor

kurang  lebih mohon maaf, sekian dan terima kasih

liputan lalu lintas

saya mendpat tugas untuk meliput suasana lalu lintas di sekitar mabes TNI di setu, saya meliput bersama teman saya yaitu satrio,  isi liputanya pun tentang keadaan di sana, tentang macet, siapa saja yang lewat jalan itu dan ada apa saja di sekitar perempatan itu misalnya yang menjual makanan benda dan lain lain, setelah liputan kami selesai kami langsung pulang deh :v

Buku

Saya hari ini membaca buku yg berjudul “Aplikasi android dalam 5 menit”, buku ini di tulis oleh Hanif Irsyad, buku ini adalah cetakan ke 3 sekaligus revisi dari edisi sebelumnya, harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp48.000, saya membelinya di toko gramedia cijantung, buku ini menurut Saya bermanfaat selain bisa belajar kita juga bisa mendapat uang dari buku ini.

Berikut sedikit isi dari buku ini: buku ini berisi tentang cara membuat aplikasi android dengan menggunakan sebuah situs web yaitu “appgeyser”, lalu di buku ini juga ada sejarah dari android, ketika android baru di buat hingga sukses sampai sekarang, dan ada pula tanggal rilis versi-versi android terbaru mulai dari android cupcake hingga marsmallow (nougat belum ada di buku ini). Lalu ada juga cara membuat aplikasi android seperti aplikasi chat, kalkulator, browser bahkan game simple seperti flappy bird, di buku ini juga ada cara mengupload aplikasi milik kita ke play store dan tidak lupa cara mengupdate aplikasi yang kita buat. Dan bab yang paling menarik di buku ini adalah cara mendapat keuntungan dari aplikasi yang kita buat, mulai dari memasang iklan di aplikasi yang di buat bahkan bisa menjual aplikasi kita buat.

Foto buku:wp-image-869397598jpg.jpg

wp-image-1444606754jpg.jpg

sekian isi dari buku yang saya baca kurang lebih mohon maaf, sekian dan terimakasih