pulau st.matthew

Halo teman-teman kali ini saya akan mengetik resume cerita dari komik yang diangkat dari kisah nyata tentang sebuah pulau yang bernama st.matthew…..

Pulau st.matthew adalah sebuah pulau tak berpenghuni yang berjarak 300km dari pemukiman para penduduk di daerah negara bagian yang terletak di amerika utara yaitu alaska….

Pada tahun 1944 tentara amerika membuat sebuah sistem navigasi radio jarak jauh atau dalam bahasa inggris long-range radio navigation system(LORAN), dan ada 19 orang awak yang melakukan misi pembuatan sistem (sejenis menara pemancar) tersebut….. para tentara amerika juga membawa 29 rusa yang nantinya akan di jadikan makanan cadangan untuk mereka selama menetap untuk melakukan pembangunan di pulau itu….

Dalam beberapa bulan akhirnya misi mereka pun selesai dan setelah itu para tentara amerika pun kembali ke tempat asal mereka dengan meninggalkan semua rusa di pulau tersebut, di pulau itu para rusa mendpatkan banyak sekali makanan favorit mereka yaitu lichen (sejenis tanaman rumput atau lumut-lumutan intinya :v), karena makanan yang berlimpah dan tidak adanya predator alami para rusa berkembang biak dengan subur…

Pada musim panas tahun 1957 beberapa orang datang untuk melakukan penelitian……. dalam 13 tahun para rusa sudah berkembang biak dari 29 rusa menjadi 1350 rusa, mereka berkembang biak dengan sehat dan gemuk karena memakan makanan yang cukup bergizi….

Pada musim panas tahun 1963 penelitian kembali di lakukan di pulau st.matthew setelah 6 tahun populasi rusa melunjak dari 1350 rusa menjadi 6000 rusa, karena banyaknya kawanan rusa dan nafsu makan mereka yang besar seluruh lumut di pulau habis….. tubuh para rusa pun mengecil karena meningkatnya populasi rusa yang sangat banyak dan mulai terbatasnya makanan mereka….

Pada musim panas tahun 1966 penelitian kembali di laksanakan di pulau st.matthew, mereaka menemukan banyaknya tulang rusa dan populasi para rusa menurun dengan sangat drastis dari 6000 rusa tersisa 42 ekor rusa…..

Dan dalam beberapa tahun tepatnya tahun 1980 populasi rusa pun habis tidak tersisa seekor pun……

untuk yang tertarik baca bisa mengujungi link berikut: http://www.stuartmcmillen.com/comics_en/st-matthew-island/

kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terimakasih……

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s